STRUKTUR
Judul
“TUPPERWARE”
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
1.2 RUMUSAN
MASALAH
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 KAJIAN
2.1.1
Keistimewaan Produk
2.1.2
Galeri Produk
2.1.3
Desain Produk
2.1.4
Pemasaran
2.1.5
Segmentasi dari Tupperware
2.1.6
Price(Harga dari Tupperware)
2.1.7
Place(Lokasi/tempat pemasaran)
2.2 METODE
PENELITIAN
2.3 HASIL
PENELITIAN
BAB
III PENUTUPAN
3.1
KESIMPULAN
3.2
SARAN
TUGAS KE : 1 (SATU)
MATKUL : PERILAKU KONSUMEN
(SOFTSKILL)
“TUPPERWARE”
OLEH :
KELOMPOK 4
AMALIA
NURSYAHFITRI 10211647
DANU SRI
PURNOMO 11211743
DIFA
DASA PUTRI 12211073
EGGY
FACHRY 12211335
JESIKA
DIANA SAPUTRI 18211182
PATRY
UTAMA 15211517
PRASTYO
ADI KURNIAWAN 15211560
REINARDUS
HENDRAWAN Y. 15211940
KELAS
3EA18
UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.3 LATAR
BELAKANG
Tupperware
adalah perusahaan multinasional yang
memproduksi dan memasarkan produk plastic berkualitas untuk rumah tangga.
Kantor ousatnya berkedudukan di Orland Amerika serikat. Dengan sistem penjualan
Direct Selling (penjualan langsung). Kini Tupperware berkembang sangat pesat
dan menjangkau pasar lebih dari 100 negara. Di banyak negara, Tupperware selalu
menempati ranking atas di antara perusahaan-perusahaan direct selling lainnya.
Berawal
dari penemuan material plastic yang telah diperbaharui oleh Earl Tupper tahun
1938 di Amerika yang kemudian dikembangkan pada tahun 1964. Maka lahirlah
produk-produk inovatif dengan merk Tupperware yang mempermudah kehidupan
ibu-ibu rumah tangga di Amerika. Cara penjualan yang unik diperkenalkan oleh
Brownie Wise melalui Home Party yang informative dan menyenangkan.Di berbagai
belahan dunia, Home Party Tupperware kini lebih dikenal dengan nama Tupperware
Party. Diperkirakan setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah
satu dunia.
Secara
resmi, Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991 oleh PT Alif Rose di
Jakarta adalah Distributor pertama, dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 70
Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
Dukungan oleh
lebih dari 150.000 tenaga penjual independen (Tupper Lady), Produk Tupperware
berhasil menembus berbagai kalangan. Berbagai pelatihan dan bimbingan diberikan
sebagai bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tanggauh.Walaupun terdiri dari
berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, tetapi ada satu persamaannya,
yaitu mereka bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus pencapaian karir
dan penghasilan yang sangat memuaskan.
Visi
Tupperware Indonesia adalah menjadi “Company of Choice dan Brand of Choice”.
Sedangkan misinya adalah “mengubah hidup orang dan keluarganya menjadi lebih
baik”
1.4 RUMUSAN
MASALAH
Hal
inilah yang menarik penulis untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas pelanggan Tupperware karena loyalitas mengacu pada perilaku dari
unit-unit pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus
terhadap barang atau jasa perusahaan yang dipilih. Loyalitas konsumen memiliki
peranan penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti
meningkatkan kinerja keuangan dan kinerja kelangsungan hidup perusahaan, hal
ini menjadi alasan utama bagi perusahaan untuk menarik dan mempertahankan
mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas adalah faktor harga,
pelayanan, kualitas produk dan promosi.
1.5 TUJUAN
PEMBAHASAN
Melihat
keterkaitan variabel kualitas produk, harga, promosi dan desain sebagai
variabel independen, dan loyalitas sebagai variabel dependen. Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah:
a.
Untuk
mengetahui pendapat konsumen mengenai kualitas produk, harga, promosi dan
desain produk pada Tupperware;
b.
Untuk
mengetahui tingkat loyalitas konsumen pada Tupperware;
c.
Untuk
membuktikan pengaruh faktor-faktor kualitas produk, harga, promosi dan desain
produk terhadap loyalitas konsumen Tupperware.
BAB II
PEMBAHASAN
2.4 KAJIAN
Tupperware
merupakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik di antara
plastic lainnya yang sudah terkenal dikhalayak luas,tupperware dapat berupa
wadah penyimpanan sayuran,kue,dll,wadah penyajian snack,kue,dll,dan bahkan ada
tas untuk berpiknik,dan beberapa peralatan dapur lainnya ,produk yang di
produksi dengan kualitas plastik berkualitas tinggi ini menyebabkan
produk ini sudah dikenal oleh khalayak banyak akan kualitasnya yang
bagus.Dibandingkan dengan produk plastik lainnya baik shinpo,calista,lion
star,kiramas,dll. Konsumen masih menjatuhkan hatinya kepada produk Tupperware
ini,contoh:botol minum yang bermerek Tupperware telah terbukti disemua khalayak
bahwa walaupun botol minum atau cangkir minum yang betutup itu dibalikkan terbalik
yaitu tutup dibawah maka hasilnya tidak akan tumpah sedangkan merek produk
plastik lainnya masih saja bisa tumpah sehingga menyebabkan orang kesulitan
jika botol minum atau cangkir minum tersebut diletakkan didalam tas.
Tupperware
selalu melahirkan produk-produk baru yang inovatif dan berkuaitas, selalu jeli
memanfaatkan teknologi dan tanggapan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi
di masyarakat. Semua produk Tupperware memiliki desain unik dan inovatif dengan
warna-warna yang khas, trendi dan menarik. Produk Tupperware menggunakan
bahan-bahan kualitas terbaik yang aman bagi kesehatan, ramah lingkungan dan
dijamin dengan garansi produk (jika rusak dalam pemakaian normal). Itulah
keistimewaan sekaligus komitmen Tupperware : “Memberikan Kepuasan maksimal
kepada semua pencinta dan pengguna produk Tupperware dimana pun meraka berada”.
2.1.1
Keistimewaan Produk
Seluruh produk Tupperware tebuat dari bahan plastic
terbaik, tidak mengandung zat kimia beracun dan sudah mengikuti standar FDA
(Food and Drugs Adminitration USA, sehingga bukan saja aman digunakan untuk
menyimpan bahan makanan (Food Grade) namun juga ramah lingkungan karena bisa
didaur ulang.
Keunggulan plastic
:
a.
Kuat
b.
Ringan
c.
Flaksibel
d.
Tidak
berkarat
e.
Tidak
mudah pecah
f.
Mudah
diberi warna sehingga menambah daya tarik
g.
Mudah
dibentuk untuk berbagai fungsi
h.
Isolator
panas yang baik
Untuk mengenali
plastik yang aman digunakan sebagai wadah makanan dan minuman harus memenuh
kriteria.
Kriteria yang
harus dipenuhi :
a.
Simbol
gelas dan garpu, atau
b.
Tulisan
food grade, atau
c.
Tulisan
approved by FDA, atau
d.
Merupakan
merek dagang yang dipatenkan.
Kiat memilih wadah
plastik aman :
a.
Memenuhi
standar mutu dan keamanan pangan dari lembaga berwenang, baik di negara asal
atau di Indonesia.
b.
Jangan
tergiur harga murah, tetapi memberi resiko buruk bagi kesehatan.
c.
Belilah
dari penjual (distributor/dealer) resminya.
"Wadah
plastik yang aman selain memenuhi standar dari lembaga berwenang, juga
diproduksi oleh perusahaan yang dipercaya memiliki komitmen untuk menyediakan
produk aman bagi masyarakat."
Kenapa Merk Harus
Dipatenkan ?
Merek yang sudah
dipatenkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga
terpercaya dalam hal jaminan kualitas.
Seal/tutupnya didesain agar makanan
menjadi lebih higienis dan tahan lama, sehingga menghemat tempat, waktu, dan
uang. Seal Tupperware terdiri dari beberapa karakter yang mempunyai
karakteristik masing-masing. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah
seal sesuai kebutuhannya. Bentuknya yang ergonomis, praktis dan rapi disusun ke
atas sehingga menghemat tempat karena fleksibel bagi area simpan yang luas
maupun terbatas.
Bergaransi seumur produk. Tupperware
akan mengganti produk yang rusak atau cacat dalam pemakaian normal, bukan untuk
pemakaian komersial atau industry.
Seluruh produk
Tupperware dilindungi oleh Tupperware Life Time Guarantee terhadap kerusakkan
seperti :
a.
Retak
b.
Mengelupas
atau sumbing (Karena penggunaan normal).
Barang yang
digaransi adalah produk plastik Tupperware, kecuali :
a.
Dekorasi
produk (printing, stiker, dsb)
b.
Aksesoris
produk (tas, tali/strap, karton box, dll)
c.
Produk
tertentu yang pada saat launching diinformasikan secara khusus bahwa produk
tersebut tidak digaransi.
Semua kerusakan
akan diganti, kecuali:
a.
Meleleh
Produk
terkena api atau benda yang sangat panas seperti wajan atau penggorengan.
b.
Melengkung
Produk
terkena panas yang kuat untuk jangka waktu lama sehingga memuai/melengkung.
c.
Noda
Makanan
tertentu meninggalkan bekas atau noda pada produk namun tidak mempengaruhi
fungsinya.
d.
Pecah
karena pukulan
Produk
Pecah atau terkena pukulan benda keras.
e.
Bekas
gigitan
Produk
rusak karena Terkena gigitan sehingga menimbulkan kerusakan.
f.
Tergores
Tergores
(produk dapat tergores dalam penggunaan normal tapi tidak mempengaruhi fungsinya)
g.
Tersayat
Tersayat (produk tersayat pisau
atau benda tajam lainnya tapi tidak mempengaruhi fungsinya)
2.1.2
Galeri Produk
a.
Kids
N Teen Collection
·
Tiwi
N’ Friend’s (1 set) Rp 175.000
Terdiri
dari :
i.
Tiwi
N’ Friens’s Bowl 500ml
ii.
Tiwi
N’ Friend’s Tumbler 330ml
iii.
Tiwi
N’ Friend’s Spoon 3x13,8cm
·
Kiddie
Tumbler Tiwi (1 pcs) Rp 70.000
i.
Volume
450ml
ii.
Diameter
8cm
iii.
Tinggi
3cm
·
Fun
Tumbler Bird (1 psc) Rp 27.000
i.
Volume
275ml
ii.
Diameter
7,6cm
iii.
Tinggi
15,2cm
*3
warna : putih, hijau, orange*
·
Lolly
Tup (1 pcs) Rp 40.000
i.
Volume
550ml
ii.
Panjang
16,7cm
iii.
Lebar
15,7cm
iv.
Tinggi
5cm
*4
warna : kuning, orange, hijau, merah*
b.
My
Bottle Collection
·
Eco
Bottle 1L (2 pcs) Rp 130.000
i.
Volume
1000ml
ii.
Diameter
9,5cm
iii.
Tinggi
26,7cm
*2 warna : biru, hijau*
·
Eco
Bottle 500ml (4pcs) Rp 180.000
i.
Volume
500ml
ii.
Diameter
7,4cm
iii.
Tinggi
21cm
*4 warna : merah, kuning, hijau,
orange*
c.
Man
Collection
·
X-Treme
Bottle (1pcs) Rp125.000
i.
Volume
600ml
ii.
Diameter
8,5cm
iii.
Tinggi
23,5cm
*Bagian
bawah botol dapat digunakan untuk penyimpanan kunci, flash disk*
·
X-Treme
Meal Box (1 set) Rp 175.000
Terdiri
dari :
i.
Meal
box 600ml / 19,5x14,6x5,3cm
ii.
Cutlery
15,7x2,4cm
iii.
Tas
2.1.3
Desain Produk
Desain
produk dan wadah yang stylish, fungsional, dan aman. Lebih dari sekedar
memberikan kualitas untuk konsep dan produk design terbaik. Suatu produk
tak lagi hanya bersifat fungsional semata. Baik desain maupun konsep pembuatan
suatu produki menjadi sangat penting, tak terlepas dari ide, kreatifitas, dan
kerja keras orang-orang dibaliknya. Oleh karena itu tak heran jika desain
produk yang berkualitas dan menjadi trendsetters dunia.
2.1.4
Pemasaran
Cara
Pemasarannya dari Tupperware yaitu mereka merancang,membuat,dan menyebarkan
produk-produknya ke seluruh dunia melalui metode penjualan(metode pemasaran
yang baik) langsung kepada konsumen disetiap kota melalui member-member.
Langkah-langkah
pemasarannya:
a.
Perusahaan
Tupperware telah memberi buku/catalog kepada si member untuk menjual produk
tersebut dengan harga yang telah dicantum dimasing-masing produk dengan
strategi pemasaran yaitu memberikan diskon sebesar 30% untuk reseller atau
member,dengan strategi pemasaran ini maka seseorang tertarik untuk menjualnya
,karena terkadang tidak semua reseller Tupperware member diskon 23% terkadang
20% bahkan 15% saja kepada konsumen agar mendapat keuntungan yang
lebih.Tentunya para konsumen akan mencari member terbaik.
b.
Setiap
bulannya Tupperware selalu menciptakan produk baru sehingga ada inovasinya dan
terkadang ada harga promo besar-besaran yang mendiskon salah satu produk dari
Tupperware misal dari harga normalnya Rp 85.000 dicoret menjadi Rp 75.000 dan
harga Rp 75.000 tersebut masih di diskon oleh member sesuai dengan besarnya
diskon yang ia ajukan pada konsumennya.
c.
Untuk
para member pada bulan tertentu maka akan diadakan special offer yaitu
penawaran istimewa untuk para anggota Tupperware untuk mendapatkan produk yang
mahal tetapi dengan harga yang relative murah seperti contohnya gambar yang ada
dengan syarat menyertakan foto copy kartu anggota pada saat pembelian
d.
Cara
pemasaran Tupperware yang tidak dimiliki produk plastik lainnya yaitu garansi
seumur hidup tanpa batas waktu,hal ini membuat produk yang relative mahal
tertutupi akan pemasaran yang seperti itu karena proses pemakaiannya bisa
seumur hidup.
e.
Proses
pengambilan barangnya cepat sehingga konsumen tidak mengeluh karena produk yang
telah dibayar lunas tetapi barangnya lama sekali datangnya.
f.
Produk
Tupperware ini memiliki pemasaran yang luar biasa dimana produk yang sudah
dipakai dalam waktu yang lama dalam artian warna udah pudar dan tidak menarik
lagi dilihat dapat ditukar kembali dengan jenis produk yang sama dengan produk
yang baru.
g.
Apabila
penjualan yang dilakukan member sesuai dengan jumlah target maka member akan
mendapatkan bonus dari Tupperware berupa produk tupperware.
Syarat
membeli produk Tupperware bagi para konsumen yaitu bahwa konsumen yang mau
membeli produk tersebut harus melunasi terlebih dahulu karena semua produk
tidak ready stock melaikan po dalam waktu 1 hari saja untuk proses
pengambilannya di pusat atau cabang Tupperware,reseller tidak berani melakukan
ready stock dikarenakan produk ini harga nya relative mahal sehingga takut
mematikan uang tetapi untuk produk tertentu yang laku contoh eco botol dari
Tupperware yang selalu laku dikarenakan bentuknya yang cantik serta kualitas
yang bagus maka reseller berani untuk me-ready stocknya.
2.1.5
Segmentasi dari Tupperware
Segmentasi
dari Tupperware berdasarkan dari kalangan atas ,menengah,atau menengah kebawah
yaitu produk Tupperware menggunakan segmentasi kalangan menengah sampai
kalangan atas dikarenakan harganya yang relative mahal
Segmentasi dari
Tupperware berdasarkan dari usia yaitu produk Tupperware mencakup semua
kalangan baik bayi,balita,remaja,dewasa,dan tua masi bisa menggunakan produk
Tupperware ini dan pada segmentasi demografi berupa jenis kelamin,Tupperware
lebih mengarah pada wanita khususnya ibu-ibu.
2.1.6
Price(Harga dari Tupperware)
Harga yang di
tawarkan Tupperware relative tinggi dimana dari harga plastic biasa adalah 1:2
tetapi dengan menawarkan harga yang relative mahal ia berhasil menguasai
pemasaran produk plastik yang sangat dikenal oleh pelanggan, dikarenakan ia
mematokkan harga yang sesuai dengan kualitas dan orang tidak akan mengeluh akan
kualitas produk karena benar-benar berkualitas dibandingkan produk plastik
lainnya dan penawaran akan garansi seumur hidup yang ditawarkan dari
tupperware.
2.1.7
Place(Lokasi/tempat pemasaran)
Tupperware telah
menyediakan lokasi tempat yang strategis untuk member yang ingin mengorder
sesuai dengan pesanan konsumen sehingga mudahnya member dalam menyalurkan
produk Tupperware kita bandingkan apabila tidak ada cabang Tupperware di kota
kita masing-masing berarti alangkah lamanya konsumen menunggu barang yang ia
inginkan karena diproses secara ekspedisi bkan secara langsung,dan untuk
konsumen yang ingin sekedar membeli untuk kebutuhan pribadi bukan untuk
berbisnis maka solusi yang ditawarkan Tupperware adalah bahwa perusahaan
Tupperware telah mengangkat member-member yang bisa dikatakan sebagai tempat
pemasaran produk Tupperware ini sehingga dengan mudahnya customer untuk membeli
produk Tupperware ini karena setau saya sudah banyak di kota Palembang kita ini
yang sudah menjadi member Tupperware.
2.2 METODE
PENELITIAN
Tipe
penelitian adalah explanatory (jelas), populasi penelitian seluruh Kepala
Keluarga yang tepatnya ada di Kelurahan Aren Jaya RW 10 Perumnas 3 Bekasi Timur
yang menjadi pelanggan Tupperware. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150
responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sengaja dengan syarat-syarat
sebagai berikut:
a.
Sehat
jasmani dan rohani ;
b.
Dapat
diwawancarai;
c.
Telah
menggunakan Tupperware lebih dari 6
bulan;
d.
Membeli
produk Tupperware lebih dari 1 kali dalam 6 bulan terakhir;
Responden
merupakan Kepala Keluarga yang tepatnya ada di Kelurahan Aren Jaya RW 10
Perumnas 3 Bekasi Timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik
penarikan sampel secara tidak acak dan teknik pengambilan sampel secara sengaja.
Skala
pengukuran yang digunakan yaitu skala yang terdiri dari pernyataan dan disertai
jawaban setuju-tidak. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, kuesioner,pertanyaan
yang terstruktur, metode kepustakaan dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan
kuantitatif.
2.3 HASIL
PENELITIAN
Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan dinyatakan bahwa variabel kualitas produk,
harga, promosi dan desain berpengaruh terhadap loyalitas. Loyalitas pelanggan
merupakan suatu ukuran keterikatan konsumen terhadap sebuah merek. Secara umum
dikatakan bahwa konsumen puas dengan keseluruhan kinerja atas produk atau jasa
yang didapatkan.
Populasi
penelitian seluruh Kepala Keluarga yang tepatnya ada di Kelurahan Aren Jaya RW
10 Perumnas 3 Bekasi Timur yang menjadi pelanggan Tupperware. Jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah 150 responden dengan menggunakan teknik pengambilan
sampel secara sengaja.
Keterangan
|
Yang
Menyatakan
|
||
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
|
Harga
|
95
|
44
|
11
|
Kualitas
|
98
|
43
|
9
|
Promosi
|
81
|
54
|
15
|
Desain
|
74
|
59
|
17
|
Tabel 1
: Hasil Jumlah Responden
Faktor
yang paling berpengaruh adalah harga, sisanya di luar harga. Harga produk
Tupperware adalah sangat tinggi. Dengan harga yang sangat tinggi tersebut
konsumen mendapatkan kualitas yang baik dan manfaat dari produk Tupperware
seperti yang mereka harapkan.
Yang
kedua adalah kualitas produk, sisanya di luar kualitas produk. Kualitas produk
Tupperware adalah sangat baik. Hal ini dikarenakan produk Tupperware dapat
menjalankan fungsinya untuk kegiatan sehari-hari, produk yang diberikan sesuai
dengan spesifikasi yang ditawarkan, memiliki keawetan dan daya tahan yang bagus
serta memiliki sangat banyak keistimewaan.
Yang
ketiga adalah promosi, sisanya di luar promosi. Promosi yang disampaikan oleh
Tupperware tergolong baik. Media promosi yang digunakan oleh Tupperware
bervariasi dan memiliki daya tarik promosi yang menarik. Pesan yang disampaikan
jelas dan lengkap serta frekuensi kegiatan promosi yang dilakukan juga sering.
Yang
terakhir adalah desain, sisanya di luar desain. Desain dari produk Tupperware
adalah bagus. Bentuk dan warna dari produk Tupperware dapat dikatakan menarik.
Desain grafis yang ditawarkan juga menarik perhatian. Sehingga dapat dikatakan
penampilan keseluruhan produk Tupperware menarik.
BAB III
PENUTUPAN
3.1
KESIMPULAN
Konsumen
akan memilih produk dengan kualitas produk yang baik. Dalam penelitian ini
konsumen yang menilai bahwa produk Tupperware memiliki kualitas produk yang
baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari penelitian ini diketahui bahwa
kualitas dari produk Tupperware telah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh
konsumen meluputi kegunaan, kesesuaian produk, daya tahan, keawetan dan
keistimewaan tambahan yang dimiliki oleh produk Tupperware.
Konsumen
akan membandingkan kualitas produk dengan produk lain sehingga konsumen dapat
menentukan produk yang dipilih untuk jangka waktu yang lama.
Kemudian
penilaian yang baik mengenai produk yang sesuai dengan tingkat baik atau
tidaknya kualitas produk yang diberikan dengan kesesuaian harga mendorong pelanggan
untuk setia terhadap produk tersebut. Harga yang wajar akan menjadi keputusan
bagi konsumen untuk tetap setia pada produk tersebut. Hasil ini mendapatkan
bahwa dalam banyak hal karakteristrik, harga produk Tupperware sudah sesuai
dengan kriteria sebagaimana yang diharapkan oleh konsumen, dimana dalam hal ini
konsumen atau calon konsumen akan mengharapkan harga produk yang sesuai dengan
keistimewaan produk yang ada, harga yang relatif terjangkau dan harga yang
sudah sesuai dengan manfaat produk.
Promosi
merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen sasaran
(target consumers) agar membelinya. Iklan yang memiliki daya tarik tinggi akan
meningkatkan kesadaran merek, mendorong pencobaan terhadap merek, dan
menekankan pembelian ulang. daya tarik iklan yang tinggi akan memunculkan
memori yang kuat dibenak konsumen yang nantinya mendorong munculnya perilaku
pembelian ulang di masa depan. Pembelian ulang tersebut merupakan indikator
dari munculnya loyalitas konsumen yang tinggi. Semakin tinggi daya tarik dari
promosi maka semakin tinggi munculnya loyalitas konsumen.
Konsumen
dalam mencari atau memilih produk akan mempertimbangkan faktor desain produk
tersebut, Tupperware dinilai oleh konsumen memiliki desain yang menarik,
bervariatif dengan konsep yang tidak terlihat ketinggalan zaman. Selanjutnya
dari kondisi tersebut diperoleh adanya loyalitas pelanggan yang semakin tinggi
yang dapat dilakukan oleh konsumen.
Yang
terakhir adalah desain, sisanya di luar desain. Desain dari produk Tupperware adalah
bagus. Bentuk dan warna dari produk Tupperware dapat dikatakan menarik. Desain
grafis yang ditawarkan juga menarik perhatian. Sehingga dapat dikatakan
penampilan keseluruhan produk Tupperware menarik.
3.2
SARAN
Kualitas
produk yang dimiliki oleh Tupperware sudah sangat baik. Oleh karena itu
kualitas dari produk hendaklah dipertahankan agar konsumen terus loyal terhadap
produk Tupperware dan tidak berpindah pada produk lain yang sejenis karena saat
ini banyak bermunculan produk-produk plastic yang menyerupai Tupperware.
Harga
dari produk Tupperware yang sangat tinggi, bagi konsumen kelas menengah ke
bawah dirasakan tidak terjangkau sehingga mereka harus mencicil apabila ingin
membeli. Hendaknya Tupperware dapat sedikit menurunkan harga produk agar
konsumen kelas menengah ke bawah dapat juga menggunakan produk Tupperware dan
merasakan keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki oleh produk Tupperware.
Promosi
yang dilakukan oleh Tupperware jarang diketahui oleh masyarakat. Hendaknya
Tupperware lebih gencar lagi dalam melakukan promosi agar Tupperware lebih
dikenal oleh masyarakat banyak karena masih banyak yang mengenal Tupperware
hanya sebagai barang plastic biasa yang memiliki harga yang mahal. Mereka
kurang mendapatkan informasi mengenai Tupperware dan kelebihannya.
Desain
yang dimiliki oleh produk Tupperware khususnya desain grafis untuk kid’s
collection hendaknya lebih beragam lagi karena anak-anak menyukai hal-hal atau
gambar yang ceria dan lucu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar