Sabtu, 09 November 2013

Perilaku Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Tupperware

STRUKTUR


Judul “TUPPERWARE”
BAB I PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
1.2  RUMUSAN MASALAH
BAB II PEMBAHASAN
2.1  KAJIAN
2.1.1        Keistimewaan Produk
2.1.2        Galeri Produk
2.1.3        Desain Produk
2.1.4        Pemasaran
2.1.5        Segmentasi dari Tupperware
2.1.6        Price(Harga dari Tupperware)
2.1.7        Place(Lokasi/tempat pemasaran)
2.2  METODE PENELITIAN
2.3  HASIL PENELITIAN
BAB III PENUTUPAN
3.1 KESIMPULAN
3.2 SARAN




























TUGAS KE     :           1 (SATU)
MATKUL      :           PERILAKU KONSUMEN (SOFTSKILL)


“TUPPERWARE”

OLEH :

KELOMPOK 4
AMALIA NURSYAHFITRI                 10211647
DANU SRI PURNOMO                       11211743
DIFA DASA PUTRI                            12211073
EGGY FACHRY                                 12211335
JESIKA DIANA SAPUTRI                  18211182
PATRY UTAMA                                 15211517
PRASTYO ADI KURNIAWAN           15211560
REINARDUS HENDRAWAN Y.        15211940

KELAS 3EA18





UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG
2013


BAB I
PENDAHULUAN

1.3  LATAR BELAKANG
Tupperware adalah perusahaan  multinasional yang memproduksi dan memasarkan produk plastic berkualitas untuk rumah tangga. Kantor ousatnya berkedudukan di Orland Amerika serikat. Dengan sistem penjualan Direct Selling (penjualan langsung). Kini Tupperware berkembang sangat pesat dan menjangkau pasar lebih dari 100 negara. Di banyak negara, Tupperware selalu menempati ranking atas di antara perusahaan-perusahaan direct selling lainnya.
Berawal dari penemuan material plastic yang telah diperbaharui oleh Earl Tupper tahun 1938 di Amerika yang kemudian dikembangkan pada tahun 1964. Maka lahirlah produk-produk inovatif dengan merk Tupperware yang mempermudah kehidupan ibu-ibu rumah tangga di Amerika. Cara penjualan yang unik diperkenalkan oleh Brownie Wise melalui Home Party yang informative dan menyenangkan.Di berbagai belahan dunia, Home Party Tupperware kini lebih dikenal dengan nama Tupperware Party. Diperkirakan setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah satu dunia.
Secara resmi, Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991 oleh PT Alif Rose di Jakarta adalah Distributor pertama, dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 70 Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
Dukungan oleh lebih dari 150.000 tenaga penjual independen (Tupper Lady), Produk Tupperware berhasil menembus berbagai kalangan. Berbagai pelatihan dan bimbingan diberikan sebagai bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tanggauh.Walaupun terdiri dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, tetapi ada satu persamaannya, yaitu mereka bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus pencapaian karir dan penghasilan yang sangat memuaskan.
Visi Tupperware Indonesia adalah menjadi “Company of Choice dan Brand of Choice”. Sedangkan misinya adalah “mengubah hidup orang dan keluarganya menjadi lebih baik”

1.4  RUMUSAN MASALAH
Hal inilah yang menarik penulis untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Tupperware karena loyalitas mengacu pada perilaku dari unit-unit pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang atau jasa perusahaan yang dipilih. Loyalitas konsumen memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan kinerja kelangsungan hidup perusahaan, hal ini menjadi alasan utama bagi perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas adalah faktor harga, pelayanan, kualitas produk dan promosi.

1.5  TUJUAN PEMBAHASAN
Melihat keterkaitan variabel kualitas produk, harga, promosi dan desain sebagai variabel independen, dan loyalitas sebagai variabel dependen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
a.       Untuk mengetahui pendapat konsumen mengenai kualitas produk, harga, promosi dan desain produk pada Tupperware;
b.      Untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen pada Tupperware;
c.       Untuk membuktikan pengaruh faktor-faktor kualitas produk, harga, promosi dan desain produk terhadap loyalitas konsumen Tupperware.






BAB II
PEMBAHASAN

2.4  KAJIAN
Tupperware merupakan  peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik di antara plastic lainnya yang sudah terkenal dikhalayak luas,tupperware dapat berupa wadah penyimpanan sayuran,kue,dll,wadah penyajian snack,kue,dll,dan bahkan ada tas untuk berpiknik,dan beberapa peralatan dapur lainnya ,produk yang di produksi dengan kualitas plastik berkualitas tinggi ini menyebabkan  produk ini sudah dikenal oleh khalayak banyak akan kualitasnya yang bagus.Dibandingkan dengan produk plastik lainnya baik shinpo,calista,lion star,kiramas,dll. Konsumen masih menjatuhkan hatinya kepada produk Tupperware ini,contoh:botol minum yang bermerek Tupperware telah terbukti disemua khalayak bahwa walaupun botol minum atau cangkir minum yang betutup itu dibalikkan terbalik yaitu tutup dibawah maka hasilnya tidak akan tumpah sedangkan merek produk plastik lainnya masih saja bisa tumpah sehingga menyebabkan orang kesulitan jika botol minum atau cangkir minum tersebut diletakkan didalam tas.
Tupperware selalu melahirkan produk-produk baru yang inovatif dan berkuaitas, selalu jeli memanfaatkan teknologi dan tanggapan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Semua produk Tupperware memiliki desain unik dan inovatif dengan warna-warna yang khas, trendi dan menarik. Produk Tupperware menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik yang aman bagi kesehatan, ramah lingkungan dan dijamin dengan garansi produk (jika rusak dalam pemakaian normal). Itulah keistimewaan sekaligus komitmen Tupperware : “Memberikan Kepuasan maksimal kepada semua pencinta dan pengguna produk Tupperware dimana pun meraka berada”.

2.1.1        Keistimewaan Produk
            Seluruh produk Tupperware tebuat dari bahan plastic terbaik, tidak mengandung zat kimia beracun dan sudah mengikuti standar FDA (Food and Drugs Adminitration USA, sehingga bukan saja aman digunakan untuk menyimpan bahan makanan (Food Grade) namun juga ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.
Keunggulan plastic :
a.       Kuat
b.      Ringan
c.       Flaksibel
d.      Tidak berkarat
e.       Tidak mudah pecah
f.       Mudah diberi warna sehingga menambah daya tarik
g.       Mudah dibentuk untuk berbagai fungsi
h.      Isolator panas yang baik 
Untuk mengenali plastik yang aman digunakan sebagai wadah makanan dan minuman harus memenuh kriteria.
Kriteria yang harus dipenuhi :
a.       Simbol gelas dan garpu, atau
b.      Tulisan food grade, atau
c.       Tulisan approved by FDA, atau
d.      Merupakan merek dagang yang dipatenkan.
Kiat memilih wadah plastik aman :
a.       Memenuhi standar mutu dan keamanan pangan dari lembaga berwenang, baik di negara asal atau di Indonesia.
b.      Jangan tergiur harga murah, tetapi memberi resiko buruk bagi kesehatan.
c.       Belilah dari penjual (distributor/dealer) resminya.
"Wadah plastik yang aman selain memenuhi standar dari lembaga berwenang, juga diproduksi oleh perusahaan yang dipercaya memiliki komitmen untuk menyediakan produk aman bagi masyarakat."
Kenapa Merk Harus Dipatenkan ?
Merek yang sudah dipatenkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga terpercaya dalam hal jaminan kualitas.

            Seal/tutupnya didesain agar makanan menjadi lebih higienis dan tahan lama, sehingga menghemat tempat, waktu, dan uang. Seal Tupperware terdiri dari beberapa karakter yang mempunyai karakteristik masing-masing. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah seal sesuai kebutuhannya. Bentuknya yang ergonomis, praktis dan rapi disusun ke atas sehingga menghemat tempat karena fleksibel bagi area simpan yang luas maupun terbatas.

            Bergaransi seumur produk. Tupperware akan mengganti produk yang rusak atau cacat dalam pemakaian normal, bukan untuk pemakaian komersial atau industry.
Seluruh produk Tupperware dilindungi oleh Tupperware Life Time Guarantee terhadap kerusakkan seperti :
a.       Retak
b.      Mengelupas atau sumbing (Karena penggunaan normal).
Barang yang digaransi adalah produk plastik Tupperware, kecuali :
a.       Dekorasi produk (printing, stiker, dsb)
b.      Aksesoris produk (tas, tali/strap, karton box, dll)
c.       Produk tertentu yang pada saat launching diinformasikan secara khusus bahwa produk tersebut tidak digaransi.

Semua kerusakan akan diganti, kecuali:
a.       Meleleh
Produk terkena api atau benda yang sangat panas seperti wajan atau penggorengan.

b.      Melengkung
Produk terkena panas yang kuat untuk jangka waktu lama sehingga memuai/melengkung.

c.       Noda
Makanan tertentu meninggalkan bekas atau noda pada produk namun tidak mempengaruhi fungsinya.

d.      Pecah karena pukulan
Produk Pecah atau terkena pukulan benda keras.

e.       Bekas gigitan

Produk rusak karena Terkena gigitan sehingga menimbulkan kerusakan.

f.       Tergores
Tergores (produk dapat tergores dalam penggunaan normal tapi tidak mempengaruhi fungsinya)

g.       Tersayat

Tersayat (produk tersayat pisau atau benda tajam lainnya tapi tidak mempengaruhi fungsinya)

2.1.2        Galeri Produk
a.       Kids N Teen Collection
·         Tiwi N’ Friend’s (1 set) Rp 175.000
 


Terdiri dari :
                                                                                                                                i.            Tiwi N’ Friens’s Bowl 500ml
                                                                                                                              ii.            Tiwi N’ Friend’s Tumbler 330ml
                                                                                                                            iii.            Tiwi N’ Friend’s Spoon 3x13,8cm


·         Kiddie Tumbler Tiwi (1 pcs) Rp 70.000


                                                                                                                                i.            Volume 450ml
                                                                                                                              ii.            Diameter 8cm
                                                                                                                            iii.            Tinggi 3cm



·         Fun Tumbler Bird (1 psc) Rp 27.000
 



                                                                                                                                i.            Volume 275ml
                                                                                                                              ii.            Diameter 7,6cm
                                                                                                                            iii.            Tinggi 15,2cm
*3 warna : putih, hijau, orange*


·         Lolly Tup (1 pcs) Rp 40.000
                                                                                                                                                        i.            Volume 550ml
                                                                                                                                                      ii.            Panjang 16,7cm
                                                                                                                                                    iii.            Lebar 15,7cm
                                                                                                                                                    iv.            Tinggi 5cm
*4 warna : kuning, orange, hijau, merah*

b.      My Bottle Collection
·         Eco Bottle 1L (2 pcs) Rp 130.000


                                                                                                                          i.            Volume 1000ml
                                                                                                                        ii.            Diameter 9,5cm
                                                                                                                      iii.            Tinggi 26,7cm
*2 warna : biru, hijau*


·         Eco Bottle 500ml (4pcs) Rp 180.000
 
                                                                                                                                         i.         Volume 500ml
                                                                                                                                       ii.         Diameter 7,4cm
                                                                                                                                     iii.         Tinggi 21cm
*4 warna : merah, kuning, hijau, orange*

c.       Man Collection
·         X-Treme Bottle (1pcs) Rp125.000

                                                                                                  i.            Volume 600ml
                                                                                                ii.            Diameter 8,5cm
                                                                                              iii.            Tinggi 23,5cm
*Bagian bawah botol dapat digunakan untuk penyimpanan kunci, flash disk*


·         X-Treme Meal Box (1 set) Rp 175.000
Terdiri dari :
                                                                                                                                                        i.            Meal box 600ml / 19,5x14,6x5,3cm
                                                                                                                                                      ii.            Cutlery 15,7x2,4cm
                                                                                                                                                    iii.            Tas



2.1.3        Desain Produk
Desain produk dan wadah yang stylish, fungsional, dan aman. Lebih dari sekedar memberikan kualitas untuk  konsep dan produk design terbaik. Suatu produk tak lagi hanya bersifat fungsional semata. Baik desain maupun konsep pembuatan suatu produki menjadi sangat penting, tak terlepas dari ide, kreatifitas, dan kerja keras orang-orang dibaliknya. Oleh karena itu tak heran jika desain produk yang berkualitas dan menjadi trendsetters dunia.

2.1.4        Pemasaran
Cara Pemasarannya dari Tupperware yaitu mereka merancang,membuat,dan menyebarkan produk-produknya ke seluruh dunia melalui metode penjualan(metode pemasaran yang baik) langsung kepada konsumen disetiap kota melalui member-member.
Langkah-langkah pemasarannya:
a.       Perusahaan Tupperware telah memberi buku/catalog kepada si member untuk menjual produk tersebut dengan harga yang telah dicantum dimasing-masing produk dengan strategi pemasaran yaitu memberikan diskon sebesar 30% untuk reseller atau member,dengan strategi pemasaran ini maka seseorang tertarik untuk menjualnya ,karena terkadang tidak semua reseller Tupperware member diskon 23% terkadang 20% bahkan 15% saja kepada konsumen agar mendapat keuntungan yang lebih.Tentunya para konsumen akan mencari member terbaik.
b.      Setiap bulannya Tupperware selalu menciptakan produk baru sehingga ada inovasinya dan terkadang ada harga promo besar-besaran yang mendiskon salah satu produk dari Tupperware misal dari harga normalnya Rp 85.000 dicoret menjadi Rp 75.000 dan harga Rp 75.000 tersebut masih di diskon oleh member sesuai dengan besarnya diskon yang ia ajukan pada konsumennya.
c.       Untuk para member pada bulan tertentu maka akan diadakan special offer yaitu penawaran istimewa untuk para anggota Tupperware untuk mendapatkan produk yang mahal tetapi dengan harga yang relative murah seperti contohnya gambar yang ada dengan syarat menyertakan foto copy kartu anggota pada saat pembelian
d.      Cara pemasaran Tupperware yang tidak dimiliki produk plastik lainnya yaitu garansi seumur hidup tanpa batas waktu,hal ini membuat produk yang relative mahal tertutupi akan pemasaran yang seperti itu karena proses pemakaiannya bisa seumur hidup.
e.       Proses pengambilan barangnya cepat sehingga konsumen tidak mengeluh karena produk yang telah dibayar lunas tetapi barangnya lama sekali datangnya.
f.       Produk Tupperware ini memiliki pemasaran yang luar biasa dimana produk yang sudah dipakai dalam waktu yang lama dalam artian warna udah pudar dan tidak menarik lagi dilihat dapat ditukar kembali dengan jenis produk yang sama dengan produk yang baru.
g.       Apabila penjualan yang dilakukan member sesuai dengan jumlah target maka member akan mendapatkan bonus dari Tupperware berupa produk tupperware.
Syarat membeli produk Tupperware bagi para konsumen yaitu bahwa konsumen yang mau membeli produk tersebut harus melunasi terlebih dahulu karena semua produk tidak ready stock melaikan po dalam waktu 1 hari saja untuk proses pengambilannya di pusat atau cabang Tupperware,reseller tidak berani melakukan ready stock dikarenakan produk ini harga nya relative mahal sehingga takut mematikan uang tetapi untuk produk tertentu yang laku contoh eco botol dari Tupperware yang selalu laku dikarenakan bentuknya yang cantik serta kualitas yang bagus maka reseller berani untuk me-ready stocknya.

2.1.5        Segmentasi dari Tupperware
Segmentasi dari Tupperware berdasarkan dari kalangan atas ,menengah,atau menengah kebawah yaitu produk Tupperware menggunakan segmentasi kalangan menengah sampai kalangan atas dikarenakan harganya yang relative mahal
Segmentasi dari Tupperware berdasarkan dari usia yaitu produk Tupperware mencakup semua kalangan baik bayi,balita,remaja,dewasa,dan tua masi bisa menggunakan produk Tupperware ini dan pada segmentasi demografi berupa jenis kelamin,Tupperware lebih mengarah pada wanita khususnya ibu-ibu.

2.1.6        Price(Harga dari Tupperware)
Harga yang di tawarkan Tupperware relative tinggi dimana dari harga plastic biasa adalah 1:2 tetapi dengan menawarkan harga yang relative mahal ia berhasil menguasai pemasaran produk plastik yang sangat dikenal oleh pelanggan, dikarenakan ia mematokkan harga yang sesuai dengan kualitas dan orang tidak akan mengeluh akan kualitas produk karena benar-benar berkualitas dibandingkan produk plastik lainnya dan penawaran akan garansi seumur hidup yang ditawarkan dari tupperware.

2.1.7        Place(Lokasi/tempat pemasaran)
Tupperware telah menyediakan lokasi tempat yang strategis untuk member yang ingin mengorder sesuai dengan pesanan konsumen sehingga mudahnya member dalam menyalurkan produk Tupperware kita bandingkan apabila tidak ada cabang Tupperware di kota kita masing-masing berarti alangkah lamanya konsumen menunggu barang yang ia inginkan karena diproses secara ekspedisi bkan secara langsung,dan untuk konsumen yang ingin sekedar membeli untuk kebutuhan pribadi bukan untuk berbisnis maka solusi yang ditawarkan Tupperware adalah bahwa perusahaan Tupperware telah mengangkat member-member yang bisa dikatakan sebagai tempat pemasaran produk Tupperware ini sehingga dengan mudahnya customer untuk membeli produk Tupperware ini karena setau saya sudah banyak di kota Palembang kita ini yang sudah menjadi member Tupperware.

2.2     METODE PENELITIAN
Tipe penelitian adalah explanatory (jelas), populasi penelitian seluruh Kepala Keluarga yang tepatnya ada di Kelurahan Aren Jaya RW 10 Perumnas 3 Bekasi Timur yang menjadi pelanggan Tupperware. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sengaja dengan syarat-syarat sebagai berikut:
a.       Sehat jasmani dan rohani ;
b.      Dapat diwawancarai;
c.       Telah menggunakan Tupperware lebih dari  6 bulan;
d.      Membeli produk Tupperware lebih dari 1 kali dalam 6 bulan terakhir;
Responden merupakan Kepala Keluarga yang tepatnya ada di Kelurahan Aren Jaya RW 10 Perumnas 3 Bekasi Timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik penarikan sampel secara tidak acak dan teknik pengambilan sampel secara sengaja.
Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala yang terdiri dari pernyataan dan disertai jawaban setuju-tidak. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, kuesioner,pertanyaan yang terstruktur,  metode kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.

2.3     HASIL PENELITIAN
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dinyatakan bahwa variabel kualitas produk, harga, promosi dan desain berpengaruh terhadap loyalitas. Loyalitas pelanggan merupakan suatu ukuran keterikatan konsumen terhadap sebuah merek. Secara umum dikatakan bahwa konsumen puas dengan keseluruhan kinerja atas produk atau jasa yang didapatkan.

Populasi penelitian seluruh Kepala Keluarga yang tepatnya ada di Kelurahan Aren Jaya RW 10 Perumnas 3 Bekasi Timur yang menjadi pelanggan Tupperware. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sengaja.

Keterangan
Yang Menyatakan
Tinggi
Sedang
Rendah
Harga
95
44
11
Kualitas
98
43
9
Promosi
81
54
15
Desain
74
59
17
Tabel 1 : Hasil Jumlah Responden

Faktor yang paling berpengaruh adalah harga, sisanya di luar harga. Harga produk Tupperware adalah sangat tinggi. Dengan harga yang sangat tinggi tersebut konsumen mendapatkan kualitas yang baik dan manfaat dari produk Tupperware seperti yang mereka harapkan.
Yang kedua adalah kualitas produk, sisanya di luar kualitas produk. Kualitas produk Tupperware adalah sangat baik. Hal ini dikarenakan produk Tupperware dapat menjalankan fungsinya untuk kegiatan sehari-hari, produk yang diberikan sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, memiliki keawetan dan daya tahan yang bagus serta memiliki sangat banyak keistimewaan.
Yang ketiga adalah promosi, sisanya di luar promosi. Promosi yang disampaikan oleh Tupperware tergolong baik. Media promosi yang digunakan oleh Tupperware bervariasi dan memiliki daya tarik promosi yang menarik. Pesan yang disampaikan jelas dan lengkap serta frekuensi kegiatan promosi yang dilakukan juga sering.
Yang terakhir adalah desain, sisanya di luar desain. Desain dari produk Tupperware adalah bagus. Bentuk dan warna dari produk Tupperware dapat dikatakan menarik. Desain grafis yang ditawarkan juga menarik perhatian. Sehingga dapat dikatakan penampilan keseluruhan produk Tupperware menarik.



BAB III
PENUTUPAN

3.1 KESIMPULAN
Konsumen akan memilih produk dengan kualitas produk yang baik. Dalam penelitian ini konsumen yang menilai bahwa produk Tupperware memiliki kualitas produk yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari penelitian ini diketahui bahwa kualitas dari produk Tupperware telah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen meluputi kegunaan, kesesuaian produk, daya tahan, keawetan dan keistimewaan tambahan yang dimiliki oleh produk Tupperware.
Konsumen akan membandingkan kualitas produk dengan produk lain sehingga konsumen dapat menentukan produk yang dipilih untuk jangka waktu yang lama.
Kemudian penilaian yang baik mengenai produk yang sesuai dengan tingkat baik atau tidaknya kualitas produk yang diberikan dengan kesesuaian harga mendorong pelanggan untuk setia terhadap produk tersebut. Harga yang wajar akan menjadi keputusan bagi konsumen untuk tetap setia pada produk tersebut. Hasil ini mendapatkan bahwa dalam banyak hal karakteristrik, harga produk Tupperware sudah sesuai dengan kriteria sebagaimana yang diharapkan oleh konsumen, dimana dalam hal ini konsumen atau calon konsumen akan mengharapkan harga produk yang sesuai dengan keistimewaan produk yang ada, harga yang relatif terjangkau dan harga yang sudah sesuai dengan manfaat produk.
Promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen sasaran (target consumers) agar membelinya. Iklan yang memiliki daya tarik tinggi akan meningkatkan kesadaran merek, mendorong pencobaan terhadap merek, dan menekankan pembelian ulang. daya tarik iklan yang tinggi akan memunculkan memori yang kuat dibenak konsumen yang nantinya mendorong munculnya perilaku pembelian ulang di masa depan. Pembelian ulang tersebut merupakan indikator dari munculnya loyalitas konsumen yang tinggi. Semakin tinggi daya tarik dari promosi maka semakin tinggi munculnya loyalitas konsumen.
Konsumen dalam mencari atau memilih produk akan mempertimbangkan faktor desain produk tersebut, Tupperware dinilai oleh konsumen memiliki desain yang menarik, bervariatif dengan konsep yang tidak terlihat ketinggalan zaman. Selanjutnya dari kondisi tersebut diperoleh adanya loyalitas pelanggan yang semakin tinggi yang dapat dilakukan oleh konsumen.
Yang terakhir adalah desain, sisanya di luar desain. Desain dari produk Tupperware adalah bagus. Bentuk dan warna dari produk Tupperware dapat dikatakan menarik. Desain grafis yang ditawarkan juga menarik perhatian. Sehingga dapat dikatakan penampilan keseluruhan produk Tupperware menarik.

3.2 SARAN
Kualitas produk yang dimiliki oleh Tupperware sudah sangat baik. Oleh karena itu kualitas dari produk hendaklah dipertahankan agar konsumen terus loyal terhadap produk Tupperware dan tidak berpindah pada produk lain yang sejenis karena saat ini banyak bermunculan produk-produk plastic yang menyerupai Tupperware.
Harga dari produk Tupperware yang sangat tinggi, bagi konsumen kelas menengah ke bawah dirasakan tidak terjangkau sehingga mereka harus mencicil apabila ingin membeli. Hendaknya Tupperware dapat sedikit menurunkan harga produk agar konsumen kelas menengah ke bawah dapat juga menggunakan produk Tupperware dan merasakan keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki oleh produk Tupperware.
Promosi yang dilakukan oleh Tupperware jarang diketahui oleh masyarakat. Hendaknya Tupperware lebih gencar lagi dalam melakukan promosi agar Tupperware lebih dikenal oleh masyarakat banyak karena masih banyak yang mengenal Tupperware hanya sebagai barang plastic biasa yang memiliki harga yang mahal. Mereka kurang mendapatkan informasi mengenai Tupperware dan kelebihannya.
Desain yang dimiliki oleh produk Tupperware khususnya desain grafis untuk kid’s collection hendaknya lebih beragam lagi karena anak-anak menyukai hal-hal atau gambar yang ceria dan lucu.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar